Kamis, Januari 15, 2009

Plagiat, oh plagiat...


Lima tahun lalu saya menulis tentang plagiarisme di sini. Ternyata problem ini tetap relevan hingga sekarang -- dan saya, sekali lagi, jadi korbannya.

Baru-baru ini, penerbit Alvabet memberitahu saya tentang terbitnya buku Mr China dalam Bahasa Indonesia dan merujuk saya ke resensi yang ditulis oleh Chaerul Arif dari Lembaga Kajian Sinergi Yogyakarta (LKSY) di Media Indonesia ini.

Iseng-iseng, saya baca lah resensi itu. Lho, kok kalimat-kalimatnya terdengar akrab di telinga? Selidik punya selidik, ternyata sedikitnya empat paragraf tulisan itu hasil pencurian dari resensi yang pernah saya tulis di tahun 2005 (yang saya arsipkan di sini). Empat paragraf yang dimaksud adalah empat paragraf yang dimulai dari:

Naif terhadap realitas negara berkembang seperti China, Clissold dan kawan-kawan awalnya menggunakan kacamata Wall Street di China...


Mungkin ada lagi lainnya di sana-sini, tapi saya terlalu malas mencek lagi. Sejujurnya, saya sedikit heran. Di dunia internet seperti ini -- di mana plagiarisme akan mudah sekali ditemukan -- kok masih ada saja yang orang yang berani mencuri tulisan terang-terangan seperti ini?

Label: ,